PEMANFAATAN PAMSIMAS DALAM MENGANTISIPASI KEKURANGAN AIR PADA MUSIM KEMARAU

Pagertoyo – PAMSIMAS  (Penyediaan  Air  Minum  dan  sanitasi  Berbasis  Masyarakat) merupakan salah satu program Pemerintah yang bertujuan menciptakan masyarakat  hidup  bersih  dan  sehat  dengan  meningkatkan  akses  air  minum  dan sanitasi  yang  berkelanjutan  serta  melibatkan  masyarakat  secara  aktif  melalui; sosialisasi program, pembangunan sarana air bersih berupa sumur sedalam 100m, pelaksanaan perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), pembentukan badan pengelola, pemeliharaan dan pengelolaan sarana, dan  kesinambungan program.

Warga Desa Pagertoyo, Kecamatan Limbangan tak perlu khawatir ketika memasuki musim kemarau. Mengingat sejak 2020, kebutuhan air bersihnya sudah tercukupi melalui program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas), Dengan adanya realisasi Program Pamsimas ini tentunya menjadi kebanggaan masyarakat Desa Pagertoyo. karena mengingat program ini sangat ditunggu – tunggu oleh warga, yaitu untuk memenuhi kebutuhan air saat musim kemarau.

Beberapa tahun sebelumnya Desa Pagertoyo menjadi salah satu desa yang notabenya banyak sumber air, akan tetapi kenyataan dilapangan warga masyarakat Desa Pagertoyo agak kesulitan mendapatkan air ketika musim kemarau tiba. Bahkan warganya sempat harus rela bergantian memakai air bersih untuk bisa mencukupi kebutuhan sehari-harinya. Tetapi cerita itu kini sudah tidak ada lagi karena air sudah teraliri hingga di rumah masing-masing.

Sampai dengan Agustus 2021 ini persediaan air sudah aman terkait suplai air bersih ke rumah warga, semenjak ada program pamsimas. Memanfaatkan sumber dari mata air segandu dan lereng gunung ungaran yang ada di Desa Pagertoyo. Total ada 328 rumah di Desa Pagertoyo yang sudah memiliki sambungan air bersih dengan pipanisasi.

Kepala Desa Pagertoyo berharap dengan selesainya pembangunan program Pamsimas tahun 2020 menjadi solusi bagi masyarakat di sekitar Mekarasih dalam penyediaan kebutuhan air bersih. Sehingga kedepan masyarakat tak akan kesulitan air lagi meski di musim kemarau. "Pengelolaan dan perawatannya melibatkan masyarakat setempat jadi pasti akan terkelola dengan baik karena masyarakat pasti merasa memiliki,".


Dipost : 2021-08-25 13:25:58 | Dilihat : 251