Berita

MENILIK GAPURA “KALI MAYA” SEBAGAI IKON BARU DESA PAGERTOYO

Pagertoyo - Gapura adalah suatu struktur berupa pintu masuk atau pintu gerbang ke suatu kawasan. Gapura juga dapat dijadikan sebagai simbol, dimana simbol yang dimaksudkan disini bisa juga diartikan sebuah ikon suatu wilayah atau area. Gapura bukan semata-mata bangunan fisik yang diartikan sebagai pintu gerbang, tanda batas kota, kabupaten, Desa atau kampung. Menurut tradisi, gapura merupakan wujud ungkapan selamat datang atau dalam bahasa jawa “Sugeng Rawuh”. Gapura mewakili keramahan dan rasa hormat tuan rumah kepada setiap orang atau tamu yang datang.

Disamping sebagai batas Desa, pembangunan gapura yang merupakan pintu masuk Desa Pagertoyo Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal, sangat menambah pesona keindahan Desa Pagertoyo dengan background lereng Gunung Ungaran, dan merupakan inovasi dalam pembangunan infrastruktur Desa.

Pembangunan gapura ini di prakarsai oleh Kepala Desa Pagertoyo Bapak H. Sujarno. Se melalui Pemerintah Desa yang dianggarkan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa Tahun Anggaran 2021 ) menggunakan Sumber Dana PADS ( Pendapatan Asli Desa ). Pengerjaan Gapura ini telah selesai beberapa bulan yang lalu dengan memakan waktu kurang lebih 45 hari, yang selanjutnya Gapura ini rencana nya akan diikutkan dalam perlombaan gapura desa yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten.

Pembangunan gapura masuk Desa Pagertoyo ini bertujuan untuk menampilkan identitas atau ikon Desa, memperindah tampilan serta sebagai ungkapan keramahan dan rasa hormat kepada masyarakat maupun semua tamu yang berkunjung ke Desa Pagertoyo. Keberadaan Gapura ini menjadi sangat penting karena letak Desa Pagertoyo yang cukup strategis yang berada di lereng gunung Ungaran, sehingga para tamu akan mudah mengingat dan mengenali Desa Pagertoyo.

Pada akhirnya, dengan pembangunan gapura  Desa ini diharapkan masyarakat lebih mengenal Desa Pagertoyo, yang ramah dan asri sehingga meningkatkan jumlah tamu yang mengunjungi berbagai lokasi  yang berada di Desa ini.

*

Share :

Cuaca Hari Ini

Selasa, 23 Juli 2024 19:38
Awan Mendung
24° C 24° C
Kelembapan. 71
Angin. 0.71