Potensi

KELOMPOK TERNAK KAMBING LANGGENG MAKMUR DUSUN MANGLI GELAR RAPAT RUTIN

Pagertoyo – Ternak kambing/domba merupakan salah satu ternak yang populer dikalangan Masyarakat dan umum di Kabupaten Kendal. Ternak kambing/domba selain membantu meningkatkan pendapatan masyarakat petani, juga membantu para petani mengolah lahan pertanian dari pupuk organik yang terbuat dari kotoran kambing/domba.

Namun demikian kebutuhan akan ternak kambing domba akhir akhir inisemakin meningkat. Ada beberapa hal yang menyebabkan meningkatnya kebutuhan akan ternak kambing domba tersebut antaran lain banyaknya kambing betina dan Jantan produktif menjadi hewan potong untuk mencukupi permintaan akan protein hewani sehingga populasinya semakin menurun, namun demikian kelompok tani ternak Kambing “Langgeng Makmur” di Dusun Mangli tak sedikitpun menghiraukan akan hal tersebut, justru dengan adanya kabar tersebut, kelompok ternak kambing Langgeng Makmur semakin bersemangat untuk terus mengembangkan potensi ternak tersebut.

Salah satu kelompok pegiat ternak kambing yang dimotori oleh Mustholiq warga RT 02 RW 02 Dusun Mangli Desa Pagertoyo. Yang mana dalam kelompok tersebut mewajibkan seluruh anggota untuk mengadakan pertemuan rutin setiap bulannya. Sembari mengadakan arisan, dalam pertemuan rutin tersebut para peternak akan berdiskusi dan memecahkan berbagai permasalahan yang ada seputar peternakan kambing mereka.

Seperti bulan bulan sebelumnya, pada hari ini sabtu (09/03/2024) seluruh anggota kelompok tani ternak kambing “Langgeng Makmur” mengadakan pertemuan rutin. Bertempat di kediaman Mustoliq ketua kelompok komunitas pertemuan tersebut digelar. Dalam pertemuan tersebut tampak hadir ditengah tengah mereka, Sekretaris Desa dan Ketua BPD Pagertoyo untuk memberikan dukungan serta motivasi kepada para peternak kambing tersebut. Beliau berharap, dengan meningkatnya usaha ternak kambing di Dusun Mangli Desa Pagertoyo ini akan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mampu membawa Dusun Mangli muncul ke permukaan lewat Peternakan  Kambing sebagai salah satu Produk Unggulan Desa.

Harapannya dari Pemerintah Desa Pagertoyo, kelompok ternak kambing domba tersebut dapat berjalan terus sehingga mampu menambah pendapatan bagi masyarakat khusunya Dusun Mangli Desa Pagertoyo selain dari hasil pertanian Padi dan sejenisnya.

Share :

Cuaca Hari Ini

Rabu, 29 Mei 2024 17:48
Sedikit Berawan
31° C 31° C
Kelembapan. 83
Angin. 0.94