Potensi

Mengelola Potensi Wisata Pedesaan

Pagertoyo - Desa memiliki banyak sekali potensi yang masih belum dimanfaatkan atau belum diolah secara baik, terutama pada sektor wisata. Setiap desa memiliki potensi yang kadang masyarakat sekitarnya sendiri pun belum melihat potensi tersebut. Padahal sektor pariwisata merupakan salah satu sumber penghasilan dan mampu memberikan sumbangan yang sangat baik untuk kemandirian desa.

Potensi wisata lokal yang ada di desa memang akhir-akhir ini sangat diminati oleh wisatawan yang rindu pada alam terbuka, interaksi dengan alam dan lingkungan, serta masyarakat lokal, di sisi lain para wisatawan juga tertarik akan kuliner khas yang ada di lingkungan pedesaan.

Setiap desa memiliki keunikan yang bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi desa tersebut. Daya tarik setiap desa dapat terlihat secara langsung atau membutuhkan upaya untuk menggali kembali. Daya tarik wisata bisa berupa potensi alam seperti gunung, danau, sungai, pantai, laut, atau potensi budaya seperti adat-istiadat, museum, benteng, situs peninggalan sejarah, dan lain-lain, juga potensi buatan manusia. Suatu wilayah wisata pasti memiliki daya tarik yang berbeda antara satu sama lain. Setiap desa bisa menjadi sebuah tempat wisata jika masyarakat, organisasi, dan pemerintah dapat mengolah potensi yang dimiliki oleh desa. Desa Pagertoyo adalah salah satu Desa di kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal dan terletak di sebelah selatan Kabupaten Kendal, dengan luas wilayah 117.785 Ha, Desa Pagertoyo terdiri dari 2 Dusun dengan jumlah RT sebanyak 8 RT. Dengan jumlah penduduk 1.016 jiwa.

Desa Pagertoyo memiliki potensi pariwisata yang cukup besar meskipun tergolong Desa kecil. Orbitasi Desa berjarak sekitar 1,5 kilometer dari Ibukota Kecamatan Limbangan,  30  kilometer  dari  Ibukota  Kabupaten  Kendal  dan  35  kilometer  dari  Ibukota  Provinsi Jawa Tengah. Rute menuju Desa Pagertoyo dapat dilalui dengan menggunakan sepeda motor,  mobil,  maupun  bus  pariwisata.  Dengan  waktu  tempuh  sekitar  5  menit  dari  Ibukota Kecamatan  Limbangan  dan 45  menit  dari  Ibukota  Kabupaten  Kendal  serta 60 menit dari Ibukota Provinsi Jawa Tengah.

Jika kita memasuki Desa Pagertoyo dari arah barat, maka kita akan disambut dengan hamparan persawahan padi dengan background lereng Gunung Ungaran yang tampak terlihat begitu indah untuk dikunjungi. Desa Pagertoyo memiliki  ± 93 Ha  areal  persawahan  dan  sebagaian besarnya  berada  di  bagian utara dan tengah Desa.  Sedangkan  untuk  wilayah  bagian  Timur  dan selatan  desa  merupakan  area  pegunungan.  Kondisi  alam  yang  beragam  ini  membuat  Desa Pagertoyo menarik untuk gali potensinya untuk menjadikan Desa Wisata. Terlebih masyarakat Desa adalah masyarakat yang ramah, santun dan menerima tamu dengan baik.

Mengelola potensi desa untuk dijadikan tempat wisata merupakan hal yang cukup sulit jika seluruh masyarakat tidak ikut mengambil peran dalam mengelola. Meskipun memiliki potensi yang sangat baik tetapi lingkungan masyarakat tidak mendukung, prinsip pengembangan desa wisata adalah sebagai salah satu produk wisata alternatif yang dapat memberikan dorongan bagi pembangunan desa yang berkelanjutan.

Artikel by Kalundra

*

Share :

Cuaca Hari Ini

Kamis, 13 Juni 2024 05:40
Awan Mendung
25° C 24° C
Kelembapan. 87
Angin. 2.35