JAGA TRADISI, WARGA DUSUN MANGLI DESA PAGERTOYO PERINGATI HAUL SESEPUH DUSUN

Pagertoyo – Dalam tradisi di masyarakat, kegiatan Haul sering digelar, Pada praktiknya peringatan haul merupakan momentum untuk mengenang seorang tokoh, terutama para ulama yang telah wafat.

Seperti di Dusun Mangli Desa Pagertoyo, Kecamatan Limbangan, pada setiap tahunnya selalu memperingati Haul Mbah Kyai Tlisik yang merupakan sesepuh Dusun setempat, Kepala Dusun Mangli, Suyahman menyebutkan bahwa peringatan Haul Mbah Kyai Tlisik telah disahkan oleh beberpa tokoh agama dan tokoh masyarakat yang ada di dusun mangli.

Hingga pada saat itu telah disepakati bahwa peringatan Haul Mbah Kyai Tlisik Dusun Mangli dilaksanakan setiap tahun dengan di isi dengan berbagai rangkaian acara, Seperti yang dilakukan masyarakat dusun mangli malam tadi (10/09/2021).

Berbagai rangkaian acara yang telah disepakati dalam memperingati Haul Mbah Kyai Tlisik meliputi, Khataman Al-Qur’an kemudian dilanjutkan tahlil bersama kemudian dilanjutkan acara terakhir yaitu tausiyah yang dipimpin oleh Bapak Untung Abdul Aziz.

Kegiatan Haul Mbah Kyai Tlisik Dusun Mangli ini dipusatkan di area pemakaman Mbah Kyai Tlisik, acara haul Mbah Kyai Tlisik Dusun Mangli ini selain sebagai perwujudan menghormati serta mendoakan sesepuh dusun, juga sebagai wujud persatuan dan kesatuan antar warga masyarakat Dusun Mangli Desa Pagertoyo.

Menurut Kepala Dusun Mangli, Suyahman kegiatan haul mbah kyai tlisik diharapkan dapat terus dilestarikan sebagai khasanah budaya bangsa yang merupakan kearifan lokal yang terus dan harus diuri-uri.

Rangkaian kegiatan Haul Mbah Kyai Tlisik Dusun Mangli ini hanya diikuti oleh masyarakat dusun mangli dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

*


Dipost : 2021-09-11 00:39:04 | Dilihat : 495