Pagertoyo - PERTEMUAN SURVEI MAWAS DIRI DESA PAGERTOYO DALAM RANGKA PELAKSANAAN DESA SIAGA AKTIF

PERTEMUAN SURVEI MAWAS DIRI DESA PAGERTOYO DALAM RANGKA PELAKSANAAN DESA SIAGA AKTIF

Pagertoyo – Dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75 Tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat dinyatakan bahwa Puskesmas berfungsi menyelenggarakan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) dan Upaya Kesehatan Perseorangan (UKP) tingkat pertama. Agar Puskesmas dapat mengelola upaya kesehatan dengan baik maka puskesmas harus menyusun rencana kegiatan yang tertuang dalam rencana tahunan dan rencana lima tahunan. Perencanaan ini harus disusun dengan mempertimbangkan hasil analisa dari sisi pandang masyarakat yang dilakukan melalui Survey Mawas Diri (SMD).

Hasil Survey Mawas Diri (SMD) yang sudah dilakukan bersama masyarakat ini selanjutnya dibahas bersama dengan perwakilan masyarakat Desa untuk selanjutnya dilakukan kegiatan perumusan dan penentuan prioritas masalah dalam sebuah forum Musyawarah Desa.

UPTD Puskesmas Limbangan melaksanakan kegiatan SMD atau Survei Mawas Diri untuk menampung aspirasi masyarakat khususnya dalam hal kesehatan pada Selasa (07/09/2021) di Pendopo Balai Desa Pagertoyo, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, Survey Mawas Diri Dalam rangka pelaksanaan desa siaga aktif  dan pengkajian masalah kesehatan di tengah pandemi Covid-19 yang dilakukan oleh kader setempat dibawah bimbingan petugas kesehatan atau bidan Desa,

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Puskesmas Limbangan, Dr. Agus Pribadi, Kepala Desa Pagertoyo beserta perangkat desa, Ketua Tim Penggerak PKK, Kader Kesehatan, Ketua RT dan RW, Lembaga Desa  serta perwakilan dari tokoh masyarakat, kegiatan tersebut dibuka dengan sambutan Kepala Desa Pagertoyo, Bapak H. Sujarno. Se.

Sejauh ini pemerintah Desa Pagertoyo sudah berupaya maksimal untuk mengurangi permasalahan yang ada, tetapi karena memang permasalahan yang dihadapi terlalu kompleks sehingga masih ada beberapa permasalahan yang sama disetiap tahunnya. Harapannya masyarakat bisa bersama-sama membatu atau berupaya untuk mengatasi permasalahan yang ada demi kondisi masyarakat dan lingkungan yang lebih baik.

Semoga dengan adanya Survei Mawas Diri ( SMD ) ini akan meningkatkan kualitas pelayanan menjadi lebih baik, dengan pengingkatkan kualitas perilaku hidup sehat serta lingkungan masyarakat yang diperbaiki dengan budaya hidup sehat agar terhindar dari penyebaran Covid-19.


Dipost : 07 September 2021 | Dilihat : 964

Share :