Berita

Antusiasme Masyarakat Desa Pagertoyo Untuk Ikut Vaksinasi Covid-19 Masih Tinggi

Pagertoyo – Sejak Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menginstruksikan tentang percepatan vaksinasi Covid-19, Bupati Kendal, Dico M. Ganinduto berupaya penuh untuk meluaskan dan memudahkan vaksinasi. Salah satunya dengan menghadirkan layanan pendaftaran online di fasilitas kesehatan yang melayani vaksinasi.

Pendaftaran vaksinasi online sudah dimulai sejak beberapa waktu lalu. Sesuai prediksi, layanan ini pun mendapat antusias tinggi dari masyarakat umum usia 18 tahun ke atas. Berdasarkan laporan dari beberapa fasilitas kesehatan, stok vaksin selalu habis karena masyarakat melakukan daftar online. Apalagi dalam layanan ini, tidak hanya masyarakat Kabupaten Kendal, warga luar Kendal pun juga bisa berpartisipasi.

Akan tetapi, masih ada masyarakat yang belum bisa dan mengetahui cara pendaftaran online. Oleh sebab itu, pihaknya akan meningkatkan sosialisasi dan berkoordinasi dengan kecamatan. Nantinya masyarakat yang belum bisa daftar online, akan didata dan menerima vaksinasi Covid-19 di fasilitas kesehatan terdekat.

Disisi lain, Antusiasme warga masyarakat di Desa Pagertoyo Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal untuk mendapatkan vaksinasi COVID-19 ternyata cukup tinggi. Hal itu terbukti dari sejumlah vaksinasi massal yang digelar oleh Pemkab Kendal, UPTD Puskesmas maupun pihak lainnya, sebagian besar  masyarakat baik Dusun Mangli Maupun Krajan Pagertoyo berlomba-lomba mendaftarkan diri kepada masing-masing ketua RT untuk mendapatkan Vaksinasi Covid-19 yang diadakan oleh Puskesmas Limbangan.

Peminat dan pendaftar vaksinasi selalu lebih tinggi dibanding alokasi vaksin yang disediakan. Akibatnya, seringkali banyak warga yang belum divaksin. Salah satunya yang terjadi saat vaksinasi digelar oleh UPTD Puskesmas Limbangan, Kepala Desa Pagertoyo, H. Sujarno. SE mengatakan jumlah peminat vaksin hampir selalu di atas jatah vaksin yang sudah ditetapkan.

“Rata-rata dalam satu bulan jumlah peminatnya hampir selalu di atas jatah yang ditetapkan,” katanya, dalam keterangannya, beberapa saat lalu, Menurut Kepala Desa Pagertoyo, keinginan masyarakat untuk vaksinasi itu dilatar belakangi keinginan agar terhindar dari dampak buruk virus corona. Selain itu, vaksinasi juga dilakukan untuk pemenuhan syarat untuk perjalanan antar daerah.

Ia mengaku sangat bersyukur atas sambutan warga masyarakat Desa Pagertoyo terhadap vaksinasi Covid-19 ini. Respons positif itu membuat setiap proses selalu berjalan lancar sesuai dengan yang direncanakan. “Namun demikian perlu kami tegaskan bahwa jatah vaksin di masing-masing wilayah bisa tidak sama, karena sangat tergantung dropping dari pemerintah pusat, sehingga sedapat mungkin warga mendaftar lebih awal, agar sewaktu-waktu ada vaksinasi bisa segera dihubungi,” ujarnya.

Share :

Cuaca Hari Ini

Selasa, 23 Juli 2024 18:55
Awan Mendung
29° C 25° C
Kelembapan. 72
Angin. 1