SEMPURNAKAN IMUNITAS, MASYARAKAT PAGERTOYO LAKUKAN VAKSINASI COVID-19 TAHAP 2

Pagertoyo – Sejumlah langkah dilakukan Pemerintah untuk mempercepat cakupan vaksinasi Covid-19  bagi Lansia dan non Lansia. setelah ditemukannya Vaksin untuk Virus Covid-19 dan sudah siap untuk diberikan kepada seluruh warga masyarakat se Indonesia. maka secara bertahap pemerintah memulai kegiatan pemberian vaksin Covid-19 baik di tingkat pemerintahan pusat maupun di tingkat Desa.

Hari ini Kamis, (29/07/2021) Pemerintah Desa Pagertoyo bersama dengan TIM Kesehatan Puskesmas Limbangan melaksanakan kegiatan vaksinasi Covid-19 Tahap II bagi para Lansia dan Non Lansia untuk kategori Usia 50 Tahun Keatas, yang sebelumnya pemberian vaksinasi Covid-19 untuk Tahap 1 sudah diberikan hari kamis, tanggal (01/07/2021), adapun jumlah masyarakat yang mengikuti vaksinasi covid-19 ini berjumlah ±77 orang, kegiatan Vaksiniasi tersebut dilaksanakan oleh TIM Kesehatan Puskesmas Limbangan di Pendopo Balai Desa Pagertoyo, kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Desa Pagertoyo beserta Perangkat Desa, Bidan Desa, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Warga yang melaksanakan Vaksin Covid-19 tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yaitu 3 M (Memakasi masker, Mencuci tangan dan Menjaga Jarak). Protokol kesehatan tetap wajib dilaksanakan dan didukung dalam pelaksanaan Vaksinasi Covid-19.

Sebelum dilakukan Vaksinasi, terlebih dahulu melakukan pendaftaran (pencatatan) kemudian diperiksa kondisi kesehatannya, meliputi pemeriksaan suhu tubuh, tensi darah, dan pemeriksaan penyakit dalam lainnya yang memungkinkan tidak dilakukannya pemberian Vaksin, Setelah penyuntikan Vaksin pun, penerima Vaksin harus diobservasi selama ±30 menit, untuk memastikan bahwa vaksin yang disuntikkan tidak memiliki dampak tidak baik terhadap penerimanya.

Vaksinasi memiliki manfaat yang jauh lebih besar ketimbang risiko yang ditimbulkan. Namun perlu diingat bahwa meskipun telah divaksinasi harus tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan 3M (Mencuci tangan, Memakai masker, dan Menjaga jarak). “Meskipun telah divaksinasi, kemungkinan kita akan terpapar oleh virus Covid-19 akan masih ada, namun reaksi dan gejalanya tidak akan parah. dengan melaksanakan protokol kesehatan, kita juga membantu mencegah penularan virus Covid-19,” ungkap Bapak H. SUJARNO. SE selaku Kepala Desa Pagertoyo.

 

Tak lupa Kepala Desa Pagertoyo juga mengingatkan bahwa pasca menerima Vaksinasi Covid-19 Tahap II ini, masyarakat harus tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M (Memakasi masker, Mencuci tangan dan Menjaga Jarak), jadi penting untuk bersama-sama saling membantu dalam proses vaksinasi ini agar berjalan dengan tertib, menjaga juga keamanan khususnya usia Lansia yang diatas 60 tahun dan memastikan protokol kesehatan untuk Lansia terjaga secara baik.  

Terimakasih kepada semua yang sudah berpartisipasi dalam pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Tahap II dan kepada warga yang divaksin karena sudah ikut serta melancarkan Program Pemerintah Pusat. “Alhamdulillah vaksinasi tahap II di Desa Pagertoyo ini berjalan dengan lancar, tak ada hambatan apapun, semoga dengan adanya vaksin ini segera bisa menjadi solusi bersama sehingga pandemi ini lekas berakhir ”pungkas Bapak H. SUJARNO. SE.

*


Dipost : 2021-07-29 09:20:53 | Dilihat : 321