ARSIP DESA “ GALERY FOTO PILKADES PAGERTOYO TAHUN 1988 “

Pagertoyo - Pilkades merupakan salah satu bentuk pesta demokrasi yang begitu merakyat. Pemilu tingkat desa ini merupakan ajang kompetisi politik yang begitu mengena kalau dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran politik bagi masyarakat. Pada moment ini, masyarakat yang akan menentukan siapa pemimpin desanya. Banyak bentuk pesta demokrasi yang telah digelar dalam kehidupan politik kita sekarang. Pilpres, Pilkada Gubernur, Pilkada Bupati dan Pemilu Legeslatif. Tak ketinggalan adalah Pilkades. Begitu menarik bagi saya untuk mengkaji lebih dalam tentang budaya pemilihan kepala desa ini.

Pilkades merupakan bagian dari proses kegiatan politik untuk memperkuat partisipasi masyarakat. Sehingga diharapkan akan terjadi perubahan yang signifikan di tingkat pedesaan. Semula kita hanya mengenal pesta demokrasi secara langsung berupa Pilkades ini. Sehinga pelaksanaannya banyak keluar dari etika dan norma politik. Money politic dengan berbagai bentuknya sulit sekali dihindari. Kemudian sejak era reformasi masyarakat dibudayakan dengan pemilihan pimpinan dengan cara pemilihan langsung. Dengan adanya pilkada di harapkan masyarakat dapat terlatih untuk peduli kepada pemimpinnya, serta sadar terhadap apa, siapa, dan bagaimana pemimpin yang akan di pilih nanti.

Nah, Pada kesempatan kali ini admin akan berikan beberapa dokumentasi foto kegiatan pelaksanaan pemungutan suara Pemilihan Kepala Desa Pagertoyo yang bertempat di balaidesa pagertoyo pada tanggal 6 Desember 1988.

Foto Para Panitia Pemilihan Kepala Desa

Foto Para Linmas / Hansip Menjaga Kotak Suara

Foto Pelaksanaan Pemungutan Suara, tampak para pemilih sedang mengantri di Meja Pendaftaran.

Calon Kepala Desa, sebelah kiri Bapak Mas'udi Yasir dan Bapak Goentoer

Foto Para Calon Kepala Desa dan Panitia Pemilihan Kepala Desa

Foto Pelaksanaan Kegiatan Pemungutan Suara

Foto Calon Kepala Desa Bapak Goentoer dan Bapak Ma'udi Yasir

Foto Para Tamu Undangan dan Pengawas dari Kecamatan

Foto Proses Penghitungan suara

Foto Proses Penghitungan Suara yang masih menggunakan papan tulis

Foto Kepala Desa terpilih Bapak Mas'udi Yasir


Dipost : 2022-03-18 10:01:51 | Dilihat : 211