Detail Berita Pagertoyo

Manfaat Vaksinasi Covid-19 yang Penting Untuk Diketahui

Pagertoyo - Vaksinasi Covid-19 merupakan “senjata” yang ampuh untuk melawan wabah penyakit akibat virus corona, beberapa orang mungkin merasa ragu atau enggan divaksinasi karena potensi efek samping yang ditimbulkannya.

Namun, Covid-19 juga memiliki risiko kesehatan yang jauh lebih serius dan merugikan dibandingkan efek samping vaksin, menurut World Health Organization (WHO), vaksin Covid-19 yang resmi dan disetujui untuk digunakan telah melalui semua tahap untuk memastikan keamanan, kemanjuran, dan kualitas.

WHO sendiri juga mengingatkan bahwa semua obat-obatan dan vaksin memiliki potensi efek samping. Dalam kebanyakan kasus, efek samping vaksin Covid-19 tergolong ringan. Mengenai hal ini, WHO meminta negara-negara untuk memiliki mekanisme yang baik dalam mengidentifikasi efek samping setelah vaksinasi Covid-19.

Sementara itu, setiap orang yang mendapatkan vaksin Covid-19 akan memperoleh banyak manfaat, salah satunya adalah penurunan risiko mengalami gejala Covid-19 yang parah.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari vaksinasi covid-19 yang di lansir dari www.kompas.com

  1. Membantu Menciptakan Herd Immunity

Pemberian vaksin Covid-19 bertujuan untuk mencegah dan memutus mata rantai penularan virus corona. Benar bahwa seseorang yang telah divaksinasi masih mungkin terinfeksi Covid-19, namun kemungkinan itu terus menurun seiring banyaknya jumlah orang dalam suatu kelompok yang divaksinasi hingga menciptakan herd immunity, Dengan demikian, memperoleh vaksin Covid-19 tidak hanya menyelamatkan diri sendiri, tetapi juga melindungi orang-orang di sekitar.

  1. Membangun Perlindungan Tubuh

Penelitian telah menunjukkan bahwa vaksinasi memberikan dorongan yang kuat untuk membangun perlindungan pada orang yang telah pulih dari Covid-19. Meski demikian, orang yang belum pernah terinfeksi Covid-19 pun dapat terlindungi oleh vaksinasi.

  1. Memperoleh Kekebalan Tubuh

Vaksin Covid-19 dapat memberikan kekebalan tubuh, meski CDC mengaku belum mengetahui berapa lama perlindungan yang mampu diberikan oleh vaksin. Hal yang diketahui pasti adalah Covid-19 telah menyebabkan banyak sekali kematian di berbagai negara sehingga penularannya harus segera dihentikan, salah satunya melalui vaksinasi.

  1. Menurunkan sakit parah akibat Covid-19

Orang yang sudah mendapatkan vaksin Covid-19 memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena gejala serius jika terinfeksi Covid-19. Sebagaimana uji klinis vaksin Pfizer-BioNTech dan Moderna yang menunjukkan bahwa vaksin ini 100 persen efektif dalam mencegah penyakit yang parah.

Jadi setelah membaca artikel ini semoga kamu bisa mengikuti program pemerintah untuk mendapatkan jadwal vaksin COVID 19 sesegera mungkin. Karena ini kita lakukan untuk kebaikan bersama, baik itu untuk keluarga, generasi yang berikutnya dan tentunya negara kita agar segera Pulih dari dampak pandemi yang ada.


Dipost : 2021-08-19 22:06:14 | Dilihat : 614